KOPLING DIBEDAKAN DALAM BEBERAPA JENIS, YAITU :
1. KOPLING MANUALKOMPONEN UTAMA KOPLING
1. RODA GILA
2. PLAT KOPLING
3. PLAT PENEKAN
4. PEGAS DIAFRAGHMA
5. TUTUP KOPLING
6. BANTALAN PEMBEBAS
7. GARPU PEMBEBAS
FUNGSI KOMPONEN UTAMA KOPLING
1. FLY WHELL (RODA GILA)
Tempat kedudukan sistem kopling
2. DISC CLUTCH (PLAT KOPLING)
Media penghantar putaran dari mesin ke transmisi
3. PRESSURE PLATE (PLAT PENEKAN)
Untuk menekan clutch disc
4. DIAFRGHMA SPRING (PEGAS DIAFRAGHMA)
Untuk memberikan tekanan pada pressure plate
5. CLUTCH COVER (TUTUP KOPLING)
Untuk menjepit clutch disc terhadap fly wheel
6. RELEASE BEARING (BANTALAN PEMBEBAS)
Untuk meneruskan gaya tekan dari release fork
7. RELEASE FORK (GARPU PEMBEBAS)
Untuk menekan release bearing sehingga menyentuh diafraghma spring
JENIS-JENIS KOPLING
1. KOPLING MANUAL
TERDIRI DARI :
a. KOPLING SINGLE PLATE
b. KOPLING DOUBLE PLATE
2. KOPLING AUTOMATIS
Torque Converter di digunakan pada kopling otomatis sebagai pengganti kopling manual
PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM KOPLING
1. BUKALAH KOPLING DAN RUMAH KOPLING
2. LAKUKAN PENGUKURAN PADA FLY WHEEL MENGGUNAKAN DIAL INDIKATOR
KEOLENGAN MAKSIMUM = 0,1 mm
3. PERIKSALAH KEDALAMAN PAKU KELING PADA CLUTCH DISC DENGAN SIGMAT
KEDALAMAN PAKU KELING MINIMUM = 0,3 mm
4. PERIKSALAH PEGAS DIAFRAGHMA DARI KEAUSAN
LIMIT KEDALAMAN = 0,6 mm
LEBAR = 5,0 mm
5. PERIKSA CELAH PRESSURE PLATE
CELAH STANDART = 0,5 mm
6. PERIKSA KONDISI RELEASE BEARING DARI KEOLENGAN
TRUOBLESHOOTING PADA SISTEM KOPLING
- Menyetel jarak main bebas kopling
- Handel kopling jarakterlalu berat
- Kabel kopling rusak, tertekuk atau kotor
- Peralatan pengungkit kopling rusak
- Bantalan plat pengungkit kopling rusak Kopling slip pada saat akselerasi
- Tidak ada jarak main bebas handel kopling
- Kanvas-kanvas kopling aus
- Pegas-pegas kopling lemah
- Pengungkit kopling tertahan Kopling tidak mau terlepas atau kendaraan merayap dengan kopling dalam keadaanTertarik
- Terlalu banyak jarak main bebas handel kopling
- Plat kopling bengkok
- Pengungkit kopling rusak
- Permukaan oli terlalu tinggi atau viskositas oli tidak tepat Kerja kopling terasa kasar
- Alur-alur bagian luar kopling
- (clutch outer) kasar Pengoperasian gigi sulit/keras
- Penyetelan kopling tidak benar
- Poros spindle pemindah gigitransmisi bengkok
- Bubungan pemindah gigi transmisi rusak
- Plat pemindah gigi transmisi rusak atau bengkok
- Transmisi meloncat keluar dari gigi yang dipilih
- Pegas pembalik lengan stopper rusak atau aus
- Lengan stopperrusak
- Bubungan pemindah gigi transmisi rusak atau aus Pedal pemindah gigi transmisi tidak mau kembali
- Pegas pembalik poros spindle pegas pembalik pemindah gigi transmisi rusak atau aus
- Poros spindle pemindah gigi transmisi bengkok Suara mesin berlebihan
- Bantalan kepala besar batang penggerak aus
- Bantalan porosengkol aus
- Bantalan transmisi aus Transmisi melompat keluar dari gigi yang dipilih
- Garpu-garpu pemindah gigi aus atau bengkok
- Poros garpu pemindah gigi bengkok
- Alur-alur tromol pemindah gigi aus atau rusak
- Lenganstopper pemindah gigi rusak
- Pegas lengan stopper tromol rusak
- Pegas pembalik poros pemindah gigi rusak.Gigi sukar dipindahkan
- Penyetelan kopling tidak benar
- Viskositas oli mesin tidak benar
- Garpu pemindah gigi bengkok
- Poros garpu pemindah gigi bengkok
- Cakar garpu pemindah gigi bengkok
- Alur-alur tromol pemindahgigi rusak
- Poros spindle pemindah gigi bengkok Kemudi terasa berat
- Mur penyetelan bantalan kepala kemudi terlalu kencang
- Bantalan kepala kemudi aus atau rusak
- Poros kemudi bengkok
- Tekanan udara ban terlalu rendah Kemudi tertarik ke satu arah atau tidak bisa lurus
- Bantalan-bantalan kepala kemudi longgar atau rusak
- Garpu-garpu depan bengkok
- Poros depan bengkok
- Roda tidak dipasang dengan benar
- Rangka bengkok
- Bantalan roda aus atau rusak
- Bos-bos engsel lengan ayun aus atau rusak Roda depan goyang
- Pelek bengkok
- Bantalan roda depan aus atau rusak
- Ban depan tidak dalam keadaan baik
- Jari-jari longgar atau patah
- Roda dan ban depan tidak seimbang Roda depan berputar tidak lancar
- Bantalan roda depan rusak
- Poros roda depan Bengkok
- Rem depan menyangkut Suspensi terlalu empuk
- Jumlah minyak di dalam garpu tidak cukup
- Pegas garpu lemah
- Viskositas minyak garpu depan tidak benar
- Tekanan udara ban terlalu rendah Suspensi terlalu keras
- Pipa garpu bengkok
- Terlalu banyak minyak dalam garpu
- Viskositas minyak garpu tidak benar
- Saluran minyak di dalam garpu tersumbat Suspensi depan berisik
- Bos selongsong garpu depan rusak
- Minyak di dalam garpu tidak cukup
- Pengencang garpu dalam keadaan longgar
- Gemuk di dalam gir speedometer tidak cukup Suspensi terlalu empuk
- Pegas sokbreker lemah
- Kebocoran oli dari peredam kejut Suspensi terlalu keras
- Bos engsel lengan ayun rusak
- Tangkai peredam kejut sokbreker bengkok
- Bos-bos engsel lengan ayun kurang dilumasi Roda belakang bergoyang
- Pelek bengkok
- Bantalan roda belakang aus atau rusak
- Ban dalam keadaan tidak baik
- Bos engsel lengan ayun aus atau rusak
- Penyetel rantai roda tidak disetel dengan
- Seimbang Roda berputar tidak lancar
- Penyetelan rem tidak benar
- Bantalan roda belakang rusak
- Rantai roda terlalu kencang Suspensi mengeluarkan suara
- Pengencang-pengencang suspensi belakang longgar
- Bos engsel suspensi belakang aus Daya pengereman lemah
- Penyetelan rem kurang tepat
- Kanvas rem aus
- Bubungan rem aus
- Pemasangan kanvas rem tidak benar
- Sepatu rem dan tromol dalam keadaan kotor
- Sepatu rem dalam keadaan aus pada bidang kontak dengan bubungan Rem menderit
- Kanvas rem dalam keadaan aus
- Tromol rem dalam keadaan aus
- Kanvas rem kotor
- Tromol rem kotor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar